Tips Mengelola Keuangan Secara Efektif


Mengatur keuangan keluarga memang tidak semudah dan segampang yang kita kira, apalagi bagi yang baru menikah. Masalah keuangan juga sering kali menjadi penyebab rusaknya hubungan rumah tangga. Tentu Anda tidak mau mengalaminya bukan? uang atau penghasilan adalah salah satu alasan dalam sebuah pernikahan. Karenanya, uang dapat dengan mudah menjadi salah satu penyebab gesekan dalam perkawinan apabila tidak dikelolah dengan baik. Berhasil mengelola keuangan keluarga akan membawa perdamaian bagi Anda, dan pasangan dalam menjalani kehidupan rumah tangga.

Berikut ini ada beberapa tips untuk mengelolah keuangan keluarga bagi Anda yang baru saja menikah :
  1. Buka Rekening Giro dan Tabungan --> Jika Anda dan pasangan Anda sama-sama bekerja, pertimbangkan mempunyai rekening giro bersama. Dengan semua dana dikumpulkan bersama-sama untuk membayar biaya rumah tangga. Tapi, hal ini akan menimbulkan masalah jika pasangan Anda membutuhkan dana lebih dari yang dia hasilkan. Anda bisa tekor karena Anda berdua mencoba untuk menggunakan uang yang sama.
  2. Mengatur Anggaran --> Buatlah sebuah rincian mengenai jumlah uang yang Anda hasilkan dan jumlah yang akan dikeluarkan di setiap bulannya. Ini akan memberi gambaran mengenai aliran uang setiap bulan. Dengan begitu Anda bisa tahu apakah keuangan keluarga plus, pendapatan sama dengan pengeluaran, atau malah minus.
  3. Simpan Uang --> Jika Anda mempunyai rencana membeli rumah atau hal-hal lain yang membutuhkan biaya besar, Anda harus menyisihkan uang setiap bulan secara disiplin. Anda bisa menabung di rumah sendiri atau di bank. Uang simpanan tersebut tidak boleh diganggu sampai akhirnya bisa digunakan untuk membeli rumah atau membayar DP rumah.
  4. Siapkan Uang Untuk Kebutuhan Mendesak --> Anda juga harus menyiapkan uang untuk menutupi kebutuhan yang mendesak atau tidak terduga (sakit, kecelakaan atau yang lainnya). Hal ini sangat bermanfaat untuk menjaga kestabilan pengeluaran dan penghasilan Anda setiap bulannya.
  5. Berdiskusi Dengan Pasangan --> Karena Anda sudah menikah, maka berdiskusilah dengan pasangan jika Anda ingin membeli sesuatu. Minta pendapat pasangan tentang perlu atau tidaknya barang tersebut untuk dibeli. Dengan begitu tidak akan terjadi perselisihan atau pertengkaran antara Anda dan pasangan.

Percayakan pengelolaan uang rumah tangga kepada salah satu diantara kalian untuk mempermudah pengaturan. Tetapi setiap kebijakan harus dibicarakan bersama. Dengan hal ini rasa percaya Anda dan pasangan sangat dituntut agar tidak ada rasa curiga satu dengan yang lainnya.
Posted By @rusdiantoditho

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Tips Mengelola Keuangan Secara Efektif ini dipublish oleh Unknown pada hari Kamis, 15 November 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Tips Mengelola Keuangan Secara Efektif
 

0 komentar:

Posting Komentar