Trik Agar Gaji Tidak Ludes


BINGUNG gaji bulanan seringkali habis tak tersisa, bahkan masih pertengahan bulan gaji sudah habis. Anda mungkin berdalih kalau semuanya serba mahal dan gaji tidak cukup untuk membiayai pengeluaran bulanan. Eitts tunggu dulu, bisa jadi karena Anda mungkin kurang baik dalam mengelolah keuangan Anda atau karena dipengaruhi gaya hidup Anda yang boros. Padahal kalau Anda ingat sebelumnya gaji Anda lebih kecil dari sekarang, tapi toh bisa cukup.

Nah, agar kebiasaan ini tidak terus-menerus dan merugikan Anda, di bawah ini ada beberapa tips yang mungkin Anda bisa ikuti:
  • Nabung Dulu, Jangan Tunggu Sisanya  --> Kebanyakan orang menabung ketika sisa gaji hampir habis, ini pemikiran yang salah. Mulailah sekarang menyisahkan gaji Anda sesuai kemampuan untuk ditabung. Anda bisa buka rekening baru tanpa menggunakan ATM atau ikut program tabungan berencana yang ada hampir di setiap bank.
  • Budgeting Sebuah Keharusan --> Tiap awal bulan, Anda harus membuat budgeting yang rapi agar pengeluaran bisa terkontrol. Pisahkan kewajiban seperti hutang dan cicilan, untuk asuransi dan tabungan, juga harus ada porsinya sendiri.
  • Disiplin Dalam Perencanaan Keuangan --> Jika Anda sudah merencanakan keuangan, maka Anda harus disiplin. Jika jatah untuk bersenang-senang sudah habis, jangan memaksakan diri mengambil porsi dari pos pengeluaran lain.
  • Belanja Sesuai Kemampuan --> Berbelanjalah sesuai dengan uang yang Anda punya bulan ini, buka berdasarkan seberapa banyak uang atau bonus yang akan Anda dapat dikemudian hari. Ingat, jangan mengeluarkan uang untuk keperluan yang tidak penting dan berharap akan mendapatkan uang ekstra setelahnya.
  • Batasi Penggunaan Kartu Kredit --> Jangan memiliki lebih dari dua kartu kredit dalam dompet jika Anda tidak bisa mengontrol penggunaannya. Gunakan kartu kredit secara bijaksana agar Anda tidak terbebani saat membayarnya. Tuntaskan semua pembayaran kartu kredit dan utang lainnya segera setelah Anda terima.
  • Jangan Remehkan Uang Receh --> Anda tentunya sering menerima kembalian dari swalayan atau sehabis makan di restoran. Coba deh untuk menyimpan di dompet khusus, uang receh ini bisa Anda gunakan untuk membayar parkir, membeli cemilan atau bisa juga digunakan untuk membeli kebutuhan kecil tak terduga.
  • Buat Dana Cadangan --> Dana cadangan ini sangat penting mengakisipasi kebutuhan tak terduga. Misalnya, untuk mengisi undangan perkawinan, membeli hadiah atau kado teman ulang tahun atau sekedar mengganti ban mobil yang rusak.
  • Investasi --> Investasikan gaji Anda dengan mengikuti asuransi, bermain raksa dana atau mendepositokan yang bisa Anda tarik sesuai persetujuan. Dengan cara ini, sama saja Anda menabung disiplin.

Nah, di atas adalah salah satu trik agar gaji tidak ludes akibat tidak ada perencanaan kedepan dari Anda. Semoga bermanfaat ...

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Trik Agar Gaji Tidak Ludes ini dipublish oleh Unknown pada hari Kamis, 15 November 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Trik Agar Gaji Tidak Ludes
 

0 komentar:

Posting Komentar